Hello everyone 2021 just begin hope you guys keep stay at home and stay healthy, today i’m gonna tell my story and tips how to be a software engineer if you don’t have a basic or if you guys wanna try to be a software engineer but confused how to start it 😀.

When i was in college many of my friends wondered “how can you be a software engineer but you don’t have a background computer science” and this is my story.

Image for post
Image for post

Story

When i was graduated from high school in 2012, i worked at one of IT solution company…


hallo semua kembali lagi bersama abwang abwang cendol. baru baru ini gue baru belajar kotlin karna lagi kedapetan project kotlin. bagi kalian yang baru banget belajar kotlin (kayak gue) wajib tahu nih yang umumnya di pakai pada kodingan kotlin, yaitu val, var, fun dan lazy. apa tuh? penjelasannya di bawah yaa ehhee~

1. val

val adalah variable yang bersifat immutable reference, apa itu immutable reference adalah nilai yang tidak dapat direassign begitu nilai tersebut diassign kedalam variable. jadi kalo di java tuh mirip seperti final variable.

Contoh : val abc: Int = 3 abc = 4 kalian akan dapat error…


Hallo kembali lagi bersama engineer bar-bar. selanjutnya adalah part inti dari JVM meetup kemarin yaitu REFACTOR. disini gue cuma mau dokumentasiin (biar engga lupa) apa yg gue inget ya guys . FYI yg belum baca part 1 nya ada dimari .

Refactor

Refactor adalah bagaimana kita merubah existing code tanpa merubah proses bisnis atau yang lainnya. kalo kata mas Eko kurniawan (senior principalnya blibli.com) analoginya gini :

Kita punya rumah, tapi kita cuma merubah isi dalam rumahnya aja tanpa ngerubah rumahnya.

kalo menurut buku dari abaang~ Martin Fowler yang berjudul Refactoring Improving the Design Of Existing Code.

Refactoring is the process…


Hallo teman-teman netijen. gue kembali lagi kepermukaan setelah sibuk beberapa bulan belakangan ini. beberapa waktu lalu gue mengikuti event JVM meetup di kantor doku. nah ada satu bagian yang jujur gue sendiri baru tau perbedaannya setelah …. (isi sendiri) tahun berkecimpung di dunia coding. nah makanya gue buat artikel sekalian dokumentasi (supaya engga lupa) dan share ke teman teman netijen.

Clean Code

Secara bahasa indonesia, clean code artinya kode bersih, dimana clean code itu memperbaiki style development bar-bar yang suka bikin naming method, variable dan class sembarangan. tujuan clean code adalah mempermudah engineer dalam membaca suatu code. …


Image for post
Image for post
git.image

hallo semua, hari ini kita akan belajar tentang git, apa itu git? git ini penting loh buat para software engineer karna bisa mempermudah dalam versioning aplikasi. git adalah sebuah tools untuk versioning aplikasi atau bisa disebut distributed revision system dimana didalamnya terdapat cabang-cabang versi. sebelum memakai git kita terkadang membackup banyak file untuk berjaga-jaga apabila file yang lama diperlukan kembali bisa diibaratkan seperti dibawah ini :


Hallo semua sekarang kita bahas nih query builder yang lumayan terkenal yaitu adalah KnexJs. apa sih knexjs? knex.js adalah sebuah query builder di javascript yang biasanya digunakan pada nodeJs untuk men-generate database, select, insert dsb. proses generate database ini sangat berguna untuk memanage sebuah project jadi kita tidak perlu membuat database dan tablenya satu persatu atau menginport ulang databasenya. yang kita akan bahas adalah proses generate database dan seeding pada knexjs.

Image for post
Image for post
knex.js

KnexJs ini support beberapa database loh seperti oracle, postgres, mysql, Sqlite3, mariaDB, amazon redshift, mssql. sekarang kita coba aja langsung praktekin. pertama kita install dulu knex nya "npm install…


Hallo bapak-bapak dan ibu-ibu. ini adalah artikel pertama saya. kali ini saya akan membahas tentang activity lifecycle. yuk langsung aja. berikut ini adalah diagram activity android lifecycle dimana masing masing kotak punya methodnya masing masing.

Image for post
Image for post
Android Activity Lifecyle
  1. onCreate()

onCreate() adalah suatu proses dimana inisialisasi dimulai. mulai dari inisialisasi component pada suatu activity sampai inisialisasi proses binding data. kenapa kok proses binding data biasanya dimulai di onCreate() ? proses pengambilan data diambil pada inisialisasi pertama agar langsung ditampilkan pada view. lalu “kenapa tidak di tempat lain saja proses inisialisasi bindingnya?” bisa saja, tapi.. …

Raldes Krisnu

Fullstack engineer

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store